Kamis, 27 Agustus 2009

Mengomentari Berbagai Laporan Lisan dengan Memberikan Kritik dan Saran

Memberikan tanggapan berarti mengemukakan pendapat atau gagasan terhadap masalah yang telah kita ketahui. Setiap saat kita bisa memberikan tanggapan terhadap masalah yang kita ketahui. Misalnya kita menanggapi berita dari surat kabar, majalah, radio atau televise. Tentu saja sebelum kita menanggapi berita – berita yang kita terima itu, terlebih dahulu kita harus memahami betul permasalahan yang diungkapkan dalam berita tersebut. Memberikan tanggapan terhadap masalah yang tidak jelas bisa menimbulkan kesalahan . oleh karena itu , ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita memberikan tanggapan atau mengemukakan pendapat, antara lain:
1. Memahami betul inti permasalahan yang diungkapkan dalam berita itu.
2. Permasalahan itu disertai dengan fakta atau data yang jelas
3. Sumber berita itu dapat dipercaya
4. Yang menyusun berita itu orang yang dapat dipercaya
5. Permasalahan yang diberitakan itu ada kaitannya dengan kepentingan bersama, artinya tidak bersifat pribadi dan rahasia.
6. Tanggapan yang diberikan harus memperjelas permasalahan
7. Kebenaran isi berita itu dapat dipertanggungjawabkan.

Jika hal – hal diatas dapat terpenuhi, baru kita memberikan tanggapan terhadap suatu berita atau permasalahan tersebut.

a) Perhatikan contoh tanggapan terhadap beberapa berita di bawah ini.
Tanggapan Terhadap Berita di Surat Kabar

Contoh berita: Pencemaran Udara di Kota Besar 6O Persen dari Transportasi

Jakarta Kompas
Sekitar 60 persen sumber pencemaran udara di kota-kota besar berasal dari sector transportasi. Pemerintah menyadari sumber pencemaran udara itu harus diatasi, antara lain dengan diversifikasi energi sarana transportasi yang tidak menimbulkan pencemaran, misalnya dengan penggunaan BBG (bahan bakar gas).
Menteri Negara Lingkungan Hidup Ir. Sarwono Kusumaatmadja mengungkapkan hal ini ketika meresmikan stasiun pemantauan kualitas udara otomatis di'Taman Bougenville Gambir, Sabtu (23-12.) sore.
Salal. satu upaya yang dilakukan adalah penggunaan BBG bagi setiap bus dan taksi baru yang beroperasi di Jakarta mulai April 1996 mendatang. "Diharapkan di masa yang akan datang, pemerintah menciptakan kebijakan sehingga konsumen menggunakan bahan bakar yang tidak menimbulkan polusi kata Sarwono.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Kompas, selasa 26 desember 1995
Tanggapan
Isi berita diatas sangat penting bagi masyarakat juga bagi instansi atau lembaga pemerintah yang terkait. Berita tersebut menyoroti masalah pencemaran udara yang terjadi di kota-kota besar yang harnpir 60 persen disebabkan oleh kegiatan transportasi. Akibat buangan sisa bahan bakar. Oleh karena itu, pemerintah terutama Menteri Negara Lingkungan Hidup sangat bertanggung jawab dalam masalah ini. Salah satu dari pihak pemerintah yaitu mengganti BBM dengan BBG. Hal tersebut akan
dimulai dengan penggunaan BBG kendaraan umum dan taksi baru yang akan dimulai bulan April 1996 di Jakarta.

Uji Kompetensi
1) Bila ada kesempatan, ikutilah rapat-rapat laporan pertanggungjawaban kegiatan OSIS. Cermatilah isi laporan yang disampaikan dan identifikasikanlah permasalahan-permasalah yang mengemuka dalam laporan tersebut.
Bagaimana caramu mengidentifikasi permasalahane tersebut?
2) Kemukakan tanggapanmu atas permasalahan yang ada, baik berupa kritikan,pertanyaan maupun saran.
Bagaimana cara mengemukakan alasan yang logis dan realistis atas setiap tanggapan permasalahan?

Kritik adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan. [1].

Secara etimologis berasal dari bahasa Yunani κριτικός, kritikós - "yang membedakan", kata ini sendiri diturunkan dari bahasa Yunani Kuna κριτής, krités, artinya "orang yang memberikan pendapat beralasan" atau "analisis", "pertimbangan nilai", "interpretasi", atau "pengamatan". Istilah ini biasa dipergunakan untuk menggambarkan seorang pengikut posisi yang berselisih dengan atau menentang objek kritikan.

Kritikus modern mencakup kaum profesi atau amatir yang secara teratur memberikan pendapat atau menginterpretasikan seni pentas atau karya lain (seperti karya seniman, ilmuwan, musisi atau aktor) dan, biasanya, menerbitkan pengamatan mereka, sering di jurnal ilmiah. Kaum kritikus banyak jumlahnya di berbagai bidang, termasuk kritikus seni, musik, film, teater atau sandiwara, rumah makan dan penerbitan ilmiah.

Jam : 16.30, tgl : 11 agstus 2009

Pengertian Berita


Senin, 2009 Februari 16

Pumpkin squad


Berita adalah laporan tentang suatu kejadian yang baru atau keterangan yang terbaru tentang suatu peristiwa; suatu fakta yang menarik perhatian atau gagasan yang perlu disampaikan kepada khalayak melalui media massa umum.

Unsur-unsur yang mempengaruhi suatu fakta atau gagasan sehingga dapat dijadikan berita adalah :
1. Penting (significance), yaitu kejadian yang dapat mempengaruhi orang banyak atau kejadian yang punya dampak terhadap kehidupan para pembaca.
2. Besar (magnitude), yaitu kejadian yang menyangkut angka-angka berarti bagi kehidupan orang banyak atau kejadian yang dapat berakibat dijumlahkan dalam rangka menarik buat pembaca.
3. Waktu (timeless), yaitu kejadian yang menyangkut hal-hal yang baru terjadi atau baru ditemukan.
4. Dekat (proximity), yaitu kejadian yang dekat bagi pembaca. Kedekatan ini bisa bersipat geografis ataupun emosional.
5. Tenar/populer, luar biasa (prominence), menyangkut hal-hal yang terkenal atau sangat terkenal oleh pambaca.
6. Manusiawi (human interest), yaitu kejadian yang memberikan sentuhan perasaan bagi para pembaca, kejadian yang menyangkut orang biasa dalam situasi luar biasa atau orang besar dalam situasi biasa.

Bahasa berita adalah bahasa yang disyaratkan sederhana tidak bercampur baur dengan kata-kata asing dan kata-kata yang kurang atau tidak dipahami pembaca. Selain itu dalam bahasa berita hindari pemakaian kalimat terbalik dan kata-kata penat.
Berita harus memenuhi syarat :
1. Harus benar, apa yang diberitakan itu sesuai fakta dengan bukti-bukti yang konkrit.
2. Sederhana, berita yang ditulis harus sederhana baik dalam isi maupun bahasanya sehingga dapat dimengerti oleh berbagai lapisan masyarakat.
3. Singkat, berita yang baik adalah tidak bertele-tele, langsung pada pokok permasalahan, singkat jelas dan padat sehingga tidak menimbulkan kebosanan pada pembaca.
4. Jelas, apa yang diberitakan itu tidak semu, jelas dan bisa dipertanggung jawabkan.
5. Hidup, apa yang diberitakan harus mendorong minat pembaca untuk terus membaca dan mengikuti perkambangan berikutnya. Pembaca ikut merasakan.

Pembagian jenis berita dapat digolongkan menjadi 3 golongan :
1. Berita langsung (straight news)
2. Berita ringan (soft news)
3. Berita kisah (feature)

Ada bermacam-macamcara untuk menyampaikan laporan. Hal tersebut tergantung pada materi, tujuan, situasi penyampaian, dan kondisi pihak penerima laporan. Laporan dapat disampaikan secara terlulis dan lisan.
Secara tertulis, laporan dapat disampaikan dalam bentuk berita atau artikel media massa cetak. Laporan juga dapat diketik, kemudian ditempelkan di papan-papan pengumuman atau dibagi-bagikan dalam bentuk selebaran. Laporan secara lisan disampaikan secara langsung di hadapan pihak yang akan diberi laporan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar